Buseeeettt , Konsumsi Bensin CBR150R 1:35,6 Bro!!!!

img

Terlahir sebagai motor sport full fairing, Honda CBR150R ternyata tidak rakus dalam hal konsumsi bahan bakar minyak (BBM). Produsen motor asal Jepang itu mengklaim Honda CBR150R hanya memerlukan 1 liter BBM untuk menjangkau jarak sejauh 35,6 kilometer.

Hal itu diungkapkan R & D Honda Southeast Asia, Mitsuo Tamamura disela-sela peluncuran Honda CBR150R di Hotel Gran Melia, Jakarta, Kamis (30/6/2011).

“Konsumsi bbm-nya 35,6 kilometer dengan 1 liter bahan bakar minyak,” kata Mitsuo Tamamura.

Mitsuo menjelaskan dalam uji coba internal Honda pencapai 35,6 kilometer dengan 1 liter BBM bisa didapatkan dengan kecepatan 110 km/jam. Tentu hasil yang cukup memuaskan untuk seukuran motor sport full fairing yang distribusikan Honda kepada pelanggannya.

Hasil tersebut tentu tidak lepas dari teknologi fuel injection (PGFM-FI) yang tersemat di motor berharga Rp 33 juta dan memiliki target jual sebanyak 2.000 unit per bulan itu.

Selain itu dalam pengujian internal Honda, jika CBR150R ditunggangi dengan kecepatan rata-rata 50 km/jam, konsumsi BBM Honda CBR150R dengan 1 liter bahan bakar minyak bisa menjangkau 60,9 kilometer.

Hasil itu cukup sejalan dengan dituntutnya produsen motor agar menghasil konsumsi bbm motor lebih irit.

Honda CBR150R memilki mesin kapasitas 150 cc, DOHC 4-stroke dengan 1 silinder pada CBR150R yang dikawainkan dengan 6 percepatan yang mampu menghasilkan tenaga 13,1 kw pada 10.500 rpm serta torsi 12,66 Nm pada 8.500 rpm yang dilengkapi radiator berpendingin cair dengan kipas elektrik dan sistem fuel injection (PGFM-FI).

Mesin Honda CBR150R yang tampangnya mengambil inspirasi dari dua moge Honda tersebut memilki kompresi 11,0:1 dengan tipe kopling manual wet multiplate with coil springs.

Honda CBR150R menggunakan ukuran ban depan 100/80 ring 17, dan ukuran ban belakang 130/70 ring 17. Adapun keduanya dipadukan dengan dics brake. Suspensi depan menggunakan teleskopik, sementara suspensi belakang tunggal (monocshock) twin tube diamond.

Spesifikasi Honda CBR150R

* Tipe: 4 langkah, 4 klep, DOHC, berpendingin cairan
* Diameterxlangkah 63,5 x 47,2 mm
* Volume : 149,4 cc
* Kompresi 11;1
* Kopling: manual, multiplate, tipe basah
* Transmisi: 6 kecepatan
* Kapasitas tangki: 13,1 liter
* Dimensi PxLxT : 695 x 1.977 x 1.230 (mm)
* Berat: 138 kg.

 

Sumber : oto.detik.comnya

By XploreMyBrain Posted in CBR

23 comments on “Buseeeettt , Konsumsi Bensin CBR150R 1:35,6 Bro!!!!

    • Rada boros itu ukurannya dari mana bro……., udah ditung-itung pake’ kalkulator yang merk apa….. wkwkwkkkkkkk
      Kalo CBR 150 R di uji itu ga pake’ perasaaan bro…., tp pastinya tehnisi jepangnya pake’ alat yang canggih dan analisis yang sekolahnya ga asal2an……,
      So…..yang terkadang banyak org lupa….(berpikir saklek), karena disebutkan CBR BBM nya 1 : 35,6 tapi tolong diingat…..dan kalo perlu dipahami bener2, bahwa itu pasti dipengaruhi oleh :
      kondisi jalan,
      kepadatan jalan,
      kelandaian jalan,
      cara pengendara mengoperasikan, dan…..
      berat penumpang yang mengendarai……
      Jangan berpikir setiap daerah kondisi jalannya sama……
      So……pengetahuan dan pemahaman itu PENTING……!!! :) :) begitu…..para suhu ku…….

  1. Itukan claim boss tapi perhitungan ane masih sekitar 1:30-32 coz karakter overbore memang rakus bahan bakar, contohnya CS1 ane aja di kisaran 1:35an

  2. Pada tanggal 1 Juli 2011 saya berkunjung ke Pekan Raya Jakarta (PRJ) dengan niat ingin membeli sepeda motor, awalnya saya tertarik ingin membeli Yamaha Vixion, namun sebelum saya sampai ke booth yamaha, saya melihat di booth honda sangat ramai, ternyata baru saja ada display motor honda CBR 150 yang baru seharga 33 juta rupiah..
    Kemudian ada salesman yang menghampiri saya,a/n MUNGGAH dari HAKA motor, saya tertarik dengan penjelasan dan rayuannya yang mengatakan bahwa unit motor ready stock, dan dalam waktu 1 – 2 minggu unit bisa sampai di rumah saya, ditambah 1700 pembeli pertama akan mendapat hadiah helm dan jaket eksklusif..
    Pada saat itu juga saya order cbr 150 dengan tanda jadi sebesar 500 ribu, saya dapat dealer SETIA UTAMA MOTOR, dan leasing WOM finance (pihak honda di PRJ yang menentukan, pembeli tidak diberikan pilihan leasing), dengan Nomor Pemesanan : SP00004332 dan Nomor Indent : IN00000463 sesuai yang tertera pada kwitansi..
    besoknya tgl 2 juli surveyor dari WOM finance datang ke rmh saya, a/n HARDA, proses survey cukup cepat karena saya sudah siapkan persyaratannya lengkap, disepakati menggunakan DP 10 juta dgn tenor 22 bulan,
    setelah sekian lama menunggu, tanggal 6 juli saya mendapat kabar dari Pihak WOM finance bahwa aplikasi saya diterima, setelah itu saya menghubungi nomor telepon dealer yg tertera di kwitansi saya, diterima oleh a/n dini, saya menanyakan perkembangan motor pesanan saya..
    Betapa kagetnya saya mendengar penjelasan bahwa unit CBR 150 belum ada di dealernya, dan paling cepat 1 bulan baru bisa turun dari gudang, dengan alasan karena unitnya produk impor Thailand..
    padahal untuk membayar DP saya sudah menjual motor lama saya, apakah saya harus berjalan kaki selama 1 bulan sampai dengan datangnya unit motor ke rumah saya..
    Kalau memang AHM belum siap, kenapa salesmannya mengumbar janji bahwa unit ready stock?? dan kenapa pihak AHM menunjuk dealer yang belum siap dengan unit motor yang dijualnya?? bagaimana ini AHM, bukankah AHM adalah perusahaan yang terkenal tidak pernah mengecewakan konsumennya??

  3. FBH pada sanjung tuh motor padahal biasa aja menang mahal doang, performa sama konsumsi BBM mirip motor injeksi pabrikan sebelah… tapi soal harga… Njomplang… Kalo CBR150 asli Thailand baru OK maklum sentuhan AHM bikin lemot

  4. mending rr aja, irit lok pake premium :) coz kompresinya memungkinkan pake premium
    4500 dapet 30 km = 150, oli 2000km/liter ;ex : 40.000 :2000 = 20 so 1 km biayanya 170 rupiah ( ga ngebut )
    4500 dapet 25 km = 180,plus oli Rp.20 = Rp.200/km

    CBR (kudu pertamax)
    8500 :60 km = Rp.141/km (nyantai banget)

    ngebut 8500 : 35 = Rp.242/km…lum juga ganti oli mesin..lok rr khan lama ganti oli mesinnya

    sayang orang pada sebelah mata ngelihat mesin 2 tak hufffff :(

  5. sorry nih bos
    gua orang awam mengenai motor
    tp saya punya minat untuk beli honda cbr 150
    masalah’a saya masih mikir apakah kapasitas bahan bakar dari cbr tersebut
    bisa ngimbangin kantong anak kuliahan… ^_^
    qlo di itung cuma megang 50rb perhari
    dengan jarak tempuh lumayan jauh
    tp juga pengen punya motor kerenz…!!! :p
    mohon masukan’a yak

  6. sorry nih bos
    gua orang awam mengenai motor
    tp saya punya minat untuk beli honda cbr 150
    masalah’a saya masih mikir apakah kapasitas bahan bakar dari cbr tersebut
    bisa ngimbangin kantong anak kuliahan… ^_^
    qlo di itung cuma megang 50rb perhari
    dengan jarak tempuh lumayan jauh
    tp juga pengen punya motor kerenz…!!! :p
    mohon masukan’a yak

  7. sorry nih bos
    gua orang awam mengenai motor
    tp saya punya minat untuk beli honda cbr 150
    masalah’a saya masih mikir apakah kapasitas bahan bakar dari cbr tersebut
    bisa ngimbangin kantong anak kuliahan… ^_^
    qlo di itung cuma megang 50rb perhari
    dengan jarak tempuh lumayan jauh
    tp juga pengen punya motor kerenz…!!! :p
    mohon masukan’a yak tq…

  8. jujur aja dari dulu saya penggemar berat honda… tapi kenapa honda mengeluarkan cbr model ini? jadi menjatuhkan nama CBR. trus bodynya betul2 mengecewakan… d gambar terlihat bagus tetapi baru ada yang make d jalanan ko jadi naggung bgt ya? saya ko jadi pindah k lain hati. kenapa ga buat honda yang streetfighter???

  9. klo aku si berfikir biasa aja dngn peluncuran honda cbr150 yg baru,itu mah udah harganya 33jt dpt cbr tp injeksien gak sekenceng motor cbr 150punyaku lawas bisa nembus top speed 155 km perjam..jngn salah tanpa modif apapaun lho h.h..tp tk seirit cbr yg baru.puas cbr lama drpd yg baru bodi gede murah 33jt

Tinggalkan Balasan

